Kue Ulang Tahun Ajaib

Kepada, Yth.
Kamu yang sedang berulang tahun hari ini
di-
tempat

Bersama dengan ini, saya kirimkan sebuah kue ulang tahun. Perlu diperhatikan bahwa kue ulang tahun ini bukan kue ulang tahun biasa. Sebab, kue ini dibuat menggunakan bahan-bahan alam pilihan. Langit, bulan, ombak dan senja. Dan dipanggang menggunakan api yang langsung diambil dari matahari dan dihias menggunakan sepotong pelangi yang muncul setelah hujan bulan November reda.

Kembali untuk diperhatikan, kue ulang tahun ini tidak untuk dimakan. Sebab, ini bukan kertas soal ujian yang ketika dilarutkan bersama dengan segelas air putih, lantas mampu membuat si peminum hapal semua jawaban dari soal-soal tersebut. Cara menikmati kue ini bukan menggunakan mulut, melainkan menggunakan mata, akal dan hati. Dibaca, kemudian disimak dan dinikmati.

Adapun setiap bahan yang digunakan dalam kue ulang tahun ini mengandung khasiat-khasiat tertentu, yakni:

1. Langit

Berkhasiat meredakan nyeri pada hati yang kesepian. Sebab, di bawah langit, tak pernah ada kesendirian.

2. Bulan

Memiliki manfaat untuk mengobati panas dalam. Panas dalam hati, panas dalam pikiran, panas dalam batin dan panas dalam lain-lain yang muncul akibat tekanan di kehidupan urban: kuliah, persahabatan, hingga asmara, yang kadang-kadang memancing emosi.

3. Ombak

Ampuh untuk mengobati kerinduan. Ombak menghantarkan perahu-perahu layar menyeberangi belantara samudera. Mulai dari zaman nenek moyang, hingga zaman kekinian. Untuk itulah ombak bisa menjadi obat rindu yang bertahan dari masa ke masa.

4. Senja

Senja mampu menghangatkan tubuh. Berjuta-juta tahun lamanya, senja menjadi perantara antara panasnya siang dan dinginnya malam. Selain kesan hangat, efek semburat jingga dari senja juga mewakili optimisme dan kepercayaan diri.

5. Matahari

Membakar kue ulang tahun ini menggunakan api matahari, mengajarkan penikmatnya untuk belajar ikhlas dan istiqomah. Sebagaimana matahari, yang selalu ikhlas kala ia dipuja hanya pada kedatangan dan kepergiannya. Sementara saat berada di atas kepala manusia, berusaha mengeringkan pakaian dan mengangkat klorofil pada tumbuhan, seringkali ia mendapat hujatan dari manusia. Namun, ia tetap istiqomah menjalankan tugasnya.

6. Pelangi

Pelangi membawa kedamaian. Perpaduan warna pada pelangi, mewakili kerukunan atas keberagaman yang menjadi penanda bahwa, meski berlainan warna, mereka tetap dapat memberi keindahan pada umat manusia.

Kandungan-kandungan yang terdapat pada kue ulang tahun ini memiliki efek samping, bila dinikmati oleh orang-orang yang tak memiliki rasa keadilan dan perikemanusiaan. Sebagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu memiliki dua mata pisau. Bisa menjadi sangat berguna, bisa juga menjadi alat yang amat berbahaya.

Oleh karena itu, disarankan untuk menikmatinya berdasarkan resep petuah-petuah nenek moyang, guru dan para ahli sejarah. Resep dijual terpisah dan bisa didapat di toko-toko buku terdekat.

Tertanda,

Pemuda yang tengah menanti matahari terbit dari utara

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s